Adsense Indonesia Hosting Gratis banner ads banner ads
banner ads
Hosting Gratis

Manfaat Daun Sirsak

Manfaat Daun Sirsak - Sirsak tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Salah satu buah lokal ini memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari buahnya sampai daunnya. Buahnya banyak mengandung karbohidrat dan vitamin C, vitamin B1, dan juga vitamin B2 dan sering dimanfaatkan sebagai bahan baku minuman atau jus. Selain itu, biji sirsak yang beracun ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk insektisida alami.

Selain buahnya, daun sirsak ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Daun sirsak bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal karena memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat bagi tubuh seperti annocatacin, linoleic acid, anonol, annomuricin, caclourine, muricapentocin, dan lain sebagainya. Senyawa-senyawa tersebut berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat dimanfaatkan sebagai obat penyakit. Berikut adalah beragam manfaat daun sirsak bagi kesehatan :
Manfaat Daun Sirsak
1. Melawan kanker
Berdasarkan penelitian oleh National Cancer Institute, batang dan daun sirsak dinilai efektif dalam melawan sel kanker dibandingkan dengan kemoterapi. Bahkan penelitian baru-baru ini menemukan bahwa daun sirsak dinilai sangat efektif untuk melawan sel-sel ganas pada 12 jenis kanker termasuk kanker pankreas, payudara, paru-paru, usus besar, dan kanker prostat.

2. Meningkatkan energi dan mencegah radikal bebas
Daun sirsak juga dapat meningkatkan energi tubuh anda, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga stamina, menghindari infeksi yang berbahaya, dan dapat mencegah radikal bebas.

3. Mengatasi Insomnia
Daun sirsak dapat digunakan untuk mengatur sistem saraf dan sudah terbukti menjadi obat yang efektif dalam mengatasi insomnia.

4. Menurunkan tekanan darah
Daun sirsak dapat membantu dalam menurunkan tingkat tekanan darah dan baik bagi orang-orang yang sedang menderita tekanan darah tinggi.

5. Menyingkirkan kutu
Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah dapat membantu anda dalam menyingkirkan kutu di kepala yang mengganggu.

6. Membasmi kutu busuk
Selain kulit salak, daun sirsak juga dapat digunakan untuk membasmi kutu busuk di rumah anda. Kutu busuk (bed bugs) adalah jenis serangga yang sering ditemukan di seprei atau celah-celah tempat tidur. Kutu busuk juga dikenal sebagai serangga yang suka menghisap darah manusia.

7. Mengobati penyakit
Daun sirsak bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti gangguan pencernaan, diare, disentri, masalah kandungan empedu, demam, batuk, hingga rematik.

8. Mengobati luka dan sebagai media kompresi
Daun sirsak bisa digunakan sebagai pertolongan pertama disaat sedang luka dan pingsan. Selain itu daun sirsak bisa digunakan sebagai kompresi untuk berbagai radang dan kaki bengkak.

9. Mengatasi gangguan kulit
Daun sirsak juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai gangguan kulit seperti eksim. Eksim/Eksema atau dermatitis merupakan suatu kondisi peradangan yang menyebabkan kulit tampak melepuh.



Related Post :

4 comments:

  1. Ternyata banyak banget manfaatnya. Share yang bagus Sob. Thanks atas info yang berharga ini,

    ReplyDelete
  2. Ternyata daun sirsak ini banyak sekali manfaat ya sob, oke sobat sangat bermanfaaat blog ini
    terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  3. nice post, kawan..
    http://coretannakdusun.blogspot.com/

    ReplyDelete

Mohon berkomentar sesuai dengan artikel yang ada. Komentar yang berisi link yang menuju ke sebuah halaman dan mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...