Agar Tak Menyesal Pindah Kerja - Mencari pekerjaan sering diibaratkan
membeli kucing dalam karung. Anda tidak tahu apa yang akan Anda hadapi saat
menjalani pekerjaan nanti. Oleh karena itu, Sebelum menyetujui sebu ah
kontrak kerja, pastikan terlebih dulu apakah Anda benar-benar menginginkan
pekerjaan tersebut atau tidak. Caranya, lakukan analisis kecil-kecilan terhadap
jenis pekerjaan Anda. Apa saja yang harus Anda analisis?
1. Keuntungan
Perhatikan keuntungan apa saja yang akan
didapat jika bekerja di tempat kerja baru. Mulailah dengan menganalisis
seberapa besar yang Anda dapatkan untuk tunjangan kesehatan, dana pensiun, dan
apak ah kompensasi tersebut cocok dengan kontribusi yang akan Anda berikan.
Selain itu, Anda juga harus
mempertimbangkan sistem reimburse, bonus, jam kerja, dan alat-alat yang Anda
dapatkan untuk menunjang pekerjaan.
2. Lokasi dan
transportasi
Perhatikan lokasi tempat kerja baru. Jika
lokasinya berada jauh dari rumah Anda, bandingkanlah biaya transportasi pulang
pergi dengan kemungkinan Anda dapat mencari tempat tinggal yang lebih dekat
dengan harga murah .
Jika tidak ada kemungkinan Anda untuk
mendapatkan tempat tinggal yang lebih dekat, hitunglah biaya yang Anda
keluarkan untuk transportasi. Pastikan biaya tersebut masih dapat ditutupi
dengan gaji. Dan, perhitungkan juga apakah Anda masih dapat menabung atau
tidak.
Pastikan juga Anda termasuk orang yang
tidak mudah mengeluh akibat kondisi jalan yang macet karena stres di pagi hari
akibat kemacetan jalan dapat mempengaruhi mood bekerja. Selain itu, hitunglah
berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk pergi dan pulang dari kantor.
3. Kesempatan berkembang
Tidak ada seorang pun yang mau hanya berujung
pada satu posisi dan tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan kualitas
hidupnya. Jadi, jangan sungkan untuk menanyakan pada interviewer Anda, apakah
pekerjaan yang ditawarkan memiliki kesempatan yang besar untuk mengembangkan
potensi diri dan kesempatan untuk naik jabatan.
4. Lingkungan kerja
Anda akan bekerja selama 9 jam selama 5 hari setiap minggu, berarti
Anda menghabiskan hampir seluruh waktu Anda di kantor. Karena itulah , ada
baiknya pastikan apakah lingkungan kerja di kantor baru cocok dengan Anda.
Lihatlah lingkungan kerja dari dress code, budaya kerja (menuntut kerja cepat
atau dapat dilakukan dengan santai, hirarki atau lebih demokratis), apakah visi
dan misi perus
ah aan cocok dengan Anda, kekeluargaan, kerja tim atau individu.
Pasti akan sulit mengetahui lingkungan kerja dari interview yang
sifatnya sangat formal. Namun, Anda dapat menanyakan pengalaman kerja pada
pekerja yang sudah terlebih dahulu bergabung sebelum menerima tawaran kerja
tersebut.
5. Keamanan kerja
Sebagai pekerja sangatlah penting untuk
mengetahui sistem keamanan pekerja. Asuransi, apakah perusahaan tersebut mapan
dan tidak memiliki tanda-tanda akan bangkrut adalah hal-hal yang harus Anda
perhatikan.
Tentu Anda tidak menginginkan mata pencaharian
Anda hilang begitu saja akibat perusahaan yang pailit.
6. Di mana Anda akan
berada sepuluh tahun mendatang?
Jika semua telah Anda analisa, waktunya
bertanya pada diri Anda sendiri. Apa yang Anda ingin capai sepuluh tahun
mendatang? Memang terdengar klise, namun ini penting untuk mengetahui apakah
pekerjaan yang ditawarkan dapat membawa Anda pada tujuan hidup Anda.
Jika semua sudah cocok, maka Anda akan
mencintai pekerjaan baru ini dan akan lebih mudah mencapai apa yang diinginkan.
cocok
ReplyDeletetrima kasih sdh mampir
ReplyDelete